Sunday, 14 May 2017

Darurat malware wannacript

Bahaya Malware Ransomware Wannacript dan Cara mengatasinya


Belakangan ini banyak informasi tentang bahayanya serangan malware Ransomeware wannacript
Apa itu Ransomware? Ransomware adalah salah satu jenis malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci seluruh data yang ada pada komputer target. Dan untuk dapat mengembalikan data atau membukanya harus dengan memperoleh kunci yang digunakan untuk mengunci data tersebut, dimana kita mendapatkan kunci tersebut, pencipta malware sudah nyiapkan data bitcoin sebagai tempat untuk memasukkan sejumlah uang yang harus dibayarkan  sebagai tebusan untuk mendapatkan kunci tersebut, malwere jenis baru ini di beri nama wannacry ( Wanacryptor,Wcrypt,WCRY ), Virus ini memanfaatkan kelemahan dari microsoft.


Untuk Cara pencegahan nya silahkan anda melakukan update security pada windows anda dengan cara menginstall patch MS17-010 Yang dikeluarkanoleh microsoft bisa dilihat di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx selain itu ada cara cara tambahan agar komputer anda tidak terkena malware wannacryp ini :

Tips mengatasi serangan malware Wannacryp
1. Sebelum menghidupkan komputer/ server terlebh dahulu matikan hotspot/wifi dan cabut koneksi kabel Lan/internet
2. Setelah itu segera pindahkan data ke sistem operasi non windows ( linux, mac )atau lakukan BACK UP (copy )data-data ke media lain
3. Pastikan semua ter Backup ke media storage terpisah
4. Kemudian bisa diaktifkan koneksi wifi dan Lan/Internet
5. Lakukan Update antivirus
6. jangan mengaktifkan fungsi macros
7. Nonaktifkan fungsi SMB V1
8. Mencadangkan data data secara rutin, agar data anda lebih aman untuk di simpan dan bila terjadi sesuatu akan cepat mengembalikannya,
9. Melakukan filter file .exe yang di kirimkan melalui email..exe adalah file installasi untuk aplikasi yang terdapatpada microsoft dan bisa jadi file tersebut adalah malware.
10. Melakukan pemblokitan pada port 139/445 dan 3389
11. Menampilkan ekstensi file yang tersembunyi, kadang kadang tanpa kita sadari bahwa file yang tersembunyi / hiden file merupakan malware yang mugkin akan menyerang komputer kita.
12. lakukan pemblokiran atau tidak megakses file atau tautan berekstensi Zip yang terpasword
13. Gunakan sistim restore untuk mengembalikan file anda jika terkena ransomware
14. Segera matikan koneksi anda baik dari wifi maupun kabel jika mengenali adanya ransomware
15. Gunakan tools anti malware dan segera lah menngupdate data basenya
16. Update lah software terbaru di komputer anda
17. Non aktifkan remote desktop protocol yang secara otomatis menjadi service pada sistem operasi komputer

Untuk saat ini belum ada cara untuk mengatasi malware tersebut yang bisa kita lakukan adalah hanya dengan cara pencegahan, Ingat lah sebelum anda mengunakan jaringan internet ataupun wifi alangkah baiknya komputer anda di backup data data yang penting dahulu di tempat yang aman setelah itu baru komputer anda bisa hi hubungkan dengan internet, demikian yang dapat saya sampaikan mudah-udahan dapat berguna bagi kita dan kita bisa terhindar dari malware jahat yang ada.

No comments:

Post a Comment